15 Tips Agar Kondisi Tubuh Tetap Bugar Meski Harus Berlama-lama Didepan Komputer

Di era modern seperti saat ini, hampir semua pekerjaan dapat dilakukan dengan komputer. Banyak profesi yang mengharuskan mereka harus standby didepan komputer dalam waktu yang cukup lama, mungkin profesi anda saat ini salah satunya.

Perlu diketahui bahwa terlalu lama menatap monitor dan duduk berjam-jam dapat berakibat buruk bagi kesehatan anda. Keluhan yang sering terjadi biasanya seperti rasa pegal pada tubuh, sakit leher, atau mata perih. Terlebih jika hal ini dilakukan terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, tentu sangat beresiko bagi kesehatan.

Namun sebelum kesehatan anda pada tahap yang mengkhawatirkan, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips agar anda tetap prima meskipun seharian berada didepan komputer.

Berikut hal hal yang perlu anda lakukan :

Perhatikan Posisi Duduk

Langkah dasar yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatur posisi duduk saat didepan komputer. Jangan terlalu membungkuk karena dapat mengakibatkan cepat lelah terutama pada leher dan punggung. Perhatikan juga jarak pandang terhadap layar komputer agar tidak terlalu dekat, karena radiasi yang dipancarkan oleh monitor tidak baik untuk kesehatan mata. Posisi yang disarankan adalah posisi tubuh dan mata sejarar dengan layar komputer, hal ini akan membuat anda lebih nyaman saat beraktifitas di depan komputer.

Posisi duduk didepan komputer yang disarankan
Posisi yang disarankan saat didepan komputer

Gunakan Bantal Kecil Bila Perlu

Anda bisa menambahkan bantal kecil pada area pinggang  dan bokong agar lebih nyaman saat bekerja didepan komputer.

gunakan bantal kecil jika perlu
gunakan bantal kecil bila perlu

Gerakkan Badan Setiap Berapa Menit

Sesekali ajak anggota tubuh anda untuk bergerak. Dimulai dari tangan, bahu, dada, leher, perut dan kaki. Lakukan setiap 30 menit sekali atau lebih, hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah dan juga untuk menghindari rasa pegal dan pusing.

gerakkan anggota badan setiap beberapa menit
gerakkan anggota badan setiap beberapa menit

Istirahatkan Mata

Ternyata mata juga perlu istirahat. Saat didepan komputer mungkin anda jarang mengedipkan mata karena terlalu fokus dengan pekerjaan. Cobalah untuk mengalihkan pandangan pada objek lain disekitar, bisa juga melihat kondisi luar ruangan jika posisi anda berdekatan dengan jendela.

mata juga perlu istirahat lho!

Berdiri dan Berjalan

Cobalah untuk beranjak dari tempat duduk anda sementara waktu. Sempatkan untuk berdiri atau berjalan untuk mengambil air minum ke dapur agar setidaknya tubuh tetap aktif bergerak.

berdiri dan berjalan agar tubuh tetap aktif
berdiri dan berjalan agar tubuh tetap aktif

Ambil Nafas Dalam-dalam

Lakukan setiap 30 menit atau 1 jam sekali. Manfaat dari mengambil nafas dalam-dalam adalah untuk melatih otot perut, dada , dan meningkatkan oksigen yang masuk kedalam tubuh.

ambil nafas dalam-dalam
ambil nafas dalam-dalam

Siap Sedia Air Putih

Saat duduk didepan komputer memang paling nikmat jika ada segelas kopi atau teh hangat, namun air putih adalah pilhan yang bijak. Hal ini bisa membantu anda agar terhindar dari dehidrasi dan sakit pinggang akibat terlalu lama didepan komputer.

selalu sedia air putih saat didepan komputer
selalu sedia air putih saat didepan komputer

Batasi Waktu Penggunaan Komputer

Batasi penggunaan komputer untuk mengistirahatkan tubuh, misalnya setiap 1 jam anda harus berhenti dari aktifitas pekerjaan kemudian mulai lagi setelah 5 menit kemudian.

batasi waktu penggunaan komputer
batasi waktu penggunaan komputer

Gunakan Keyboard dan Mouse Eksternal

Jika anda menggunakan laptop ada baiknya untuk menggunakan keyboard dan mouse eskternal. Selain cara penggunaannya yang fleksibel, anda juga bisa mengatur jarak antara laptop dengan keyboard supaya lebih rileks.

keyboard mouse wireless logitech mk220
keyboard mouse wireless logitech mk220

Kurangi Pencahayaan Pada Monitor

Kurangi intensitas cahaya pada pada monitor agar tidak terlalu terang. Pancaran cahaya monitor yang terlalu terang dapat mengakibatkan mata cepat lelah.

atur pencahayaan pada monitor senyaman mungkin
atur pencahayaan pada monitor senyaman mungkin
Monitor LG LED 20 - 20MP47 IPS
Monitor LG LED 20 – 20MP47 IPS

Jaga Jarak Pandang

Perhatikan jarak pandang dengan monitor. Idealnya jarak mata dengan layar monitor berkisar 45 cm.

atur jarak pandang dengan monitor
atur jarak pandang dengan monitor

Hindari Bekerja di Tempat Gelap

Bekerja pada area yang gelap kurang baik untuk mata anda. Tempat yang gelap membuat mata bekerja lebih keras saat menatap layar komputer dan membuat mata cepat lelah. Mulai sekarang perhatikan pencahayaan pada ruang kerja anda apakah sudah sesuai atau belum.

hindari bekerja ditempat gelap karena tidak baik untuk kesehatan mata
hindari bekerja ditempat gelap karena tidak baik untuk kesehatan mata

Pola Makan Sehat

Faktor lain yang akan membuat tubuh tetap bugar tentu saja adalah pola makan anda sehari-hari. Sebagian orang mengalami perubahan berat badan akibat terlalu lama didepan komputer. Hal ini bisa diimbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat dan vitamin agar metabolisme tubuh anda tetap terjaga.

jangan lupa imbangi dengan pola makan sehat
jangan lupa imbangi dengan pola makan sehat

Olaharaga Teratur

Terlalu lama didepan komputer juga akan membuat otot dan persendian jarang bergerak dan kurang baik untuk kesehatan. Sempatkan diri untuk berolahraga di waktu senggang. Ada pepatah latin “Mens sana in corpore sano”, kurang lebih artinya “Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Akitiftas olahraga selain membantu kondisi fisik tetap bugar, juga membuat jiwa atau perasaan anda lebih bersemangat saat bekerja.

olahraga teratur membantu menjaga kebugaran tubuh anda
olahraga teratur membantu menjaga kebugaran tubuh anda

Periksa Kesehatan Mata

Beraktifitas didepan komputer dalam jangka waktu yang lama seringkali memaksa seseorang untuk menggunakan kacamata. Oleh karena itu lakukan cek kesehatan mata setiap 3 bulan sekali ke dokter. Hal ini dilakukan agar setiap keluhan pada mata dapat segera dideteksi sejak dini.

konsultasikan kesehatan mata anda dengan dokter
konsultasikan kesehatan mata anda dengan dokter

Itulah tips agar kondisi kesehatan anda tetap terjaga meskipun harus berlama-lama didepan komputer. Anda bisa bekerja dengan nyaman, lebih fokus dan lebih produktif tentunya. Selamat mencoba!

Ilustrasi : gettyimages.com, papasemar.com