Lihat! Pasti Ada Tonjolan di Tombol F dan J Keyboard Kamu, Ini Jawabannya

Keyboard merupakan bagian penting PC atau notebook untuk mempermudah proses mengetik, tetapi apakah kamu sadar kalau selama ini di keyboardmu ada yang agak sedikit berbeda dengan tombol yang lainnya. Ya, sekilas terlihat ada tonjolan di tombol huruf ‘F’ dan ‘J’. Apa makna dibalik tekstur tonjolan misterius tersebut?

Singkatnya, tekstur menonjol yang terdapat pada huruf F dan J dibuat untuk mempermudah para pengguna dalam mengetik dengan metode touch typing untuk mengetahui kedua posisi jari telunjuk kiri dan kanan yaitu tepat pada huruf “F” & “J”.

metode touchtyping
metode touchtyping (keepo.me)

Touch typing merupakan metode pengetikan cepat di atas papan keyboard tanpa melihat tombol. Tombol ‘F’ dan ‘J’ fungsinya sebagai penanda meletakkan 10 jari tangan kita di atas papan keyboard.

Kamu bisa mencoba metode touch typing mulai dari menempatkan jari-jari di sepanjang baris horizontal pada tengah-tengah keyboard. Caranya, letakkan jari telunjuk kiri pada tombol ‘F’, disusul jari tengah kiri pada tombol ‘D’, jari manis kiri pada tombol ‘S’, jari kelingking pada ‘A’, dan jari jempol kiri pada tombol ‘Spasi’.

Lakukan hal serupa pada tangan kanan Anda, yaitu jari telunjuk kanan di tombol ‘J’, jari tengah kanan pada tombol ‘K’, ‘L’, ‘;’, dan ‘Spasi’.

belajar touchtyping (keepo.me)
belajar touchtyping (keepo.me)

Itulah yang harus Anda lakukan jika ingin belajar metode cepat ini. Hafalkan dan terapkan setiap saat sampai anda bisa mengetik tanpa melihat tombol pada keyboard, jadi anda hanya perlu fokus menatap layar monitor. Jika anda berhasil, tips ini bisa membuat waktu anda lebih efisien dan pekerjaan anda menjadi lebih cepat selesai.

Itulah fungsi tersembunyi dari tekstur tonjolan pada tombol F dan J pada keyboard bagi kamu yang mungkin belum tahu sebelumnya. Ternyata tujuannya untuk memberi tanda posisi jari saat mengetik dengan metode 10 jari. Selamat Mencoba!