Panduan Memilih Casing Komputer Yang Bagus dan Berkualitas

Casing merupakan salah satu peripheral penting dalam sebuah PC sebagai media untuk menempatkan komponen hardware dari komputer, seperti motherboard, powersupply, harddisk, power supply dan hardware lainnya.

detail casing komputer (hubpages.com)
detail casing komputer (hubpages.com)

Ada beberapa hal penting sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah casing untuk PC yang akan anda gunakan kedepannya, mengingat saat ini casing bukan hanya sebagai pelindung komponen dalam komputer saja namun berkembang menjadi sebuah trend gaya hidup.

Saat ini banyak merk casing yang beredar dipasaran dengan model dan harga yang bervariasi. Jika dulu kita sering menjumpai komputer dengan casing model dekstop (tidur), untuk saat ini casing model tower (berdiri) bisa dibilang lebih populer.

Memilih casing yang baik adalah salah satu solusi untuk mendapatkan casing yang memiliki performa yang berkualitas. Berikut akan kami coba berikan tips apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah casing.

1. Pastikan merk casing dan powersupply sama

Casing Dazumba D-Vito Series 683 (dazumba.com)
Casing Dazumba D-Vito Series 683 (dazumba.com)

Perlu kita ketahui bahwa casing komputer itu satu paket dengan power supply. Sehingga jika Anda membeli casing dazumba pastikan power supply nya juga dazumba.

2. Perhatikan sirkulasi udara

sirkulasi udara pada casing (patriamegantara.blogspot.com)
sirkulasi udara pada casing (patriamegantara.blogspot.com)

Sebuah casing harusnya  memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan saat komputer bekerja ada konversi energi sampingan yaitu panas. Jika panas ini tidak bisa keluar dari perangkat komputer di dalam casing dengan baik maka akan merusak komponen yang ada didalamnya. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi adalah membuat komputer hang atau sering restart sendiri. Jadi pastikan casing yang ingin kamu beli memiliki sirkulasi udara yang memadai.

3. Bahan casing berkualitas

kaleng kerupuk lezat (fiscuswannabe.web.id)
kaleng kerupuk lezat (fiscuswannabe.web.id)

Pernahkah anda mendengar istilah casing kaleng krupuk? Casing kaleng krupuk bisa dikatakan”casing yang penting bisa memuat hardware“dan dari segi bahan memiliki kualitas yang buruk. Memang tidak ada salahnya memilih casing jenis ini, namun anda juga harus memperhatikan dari segi keamanan. Beberapa casing seperti ini terkadang masih mengalirkan aliran listrik sehingga membuat kita terkena loncatan arus listrik (kesetrum). Perlu diketahui bahwa casing yang baik juga harus memiliki sistem grounding yang baik. 

4. Sesuaikan ukuran casing dengan kebutuhan

ukuran casing (frozencpu.com)
ukuran casing (frozencpu.com)

Pastikan saat membeli casing, anda sudah memiliki bayangan untuk rancangan alat yang akan anda pasang didalamnya. Ukuran casing yang terlalu kecil akan menyebabkan peralatan menjadi berjubel didalam sehingga mengganggu sirkulasi udara.

5. Pastikan kondisi casing dalam keadaan baik

casing pc bermasalah (fjb.kaskus.co.id)
casing pc bermasalah (photobucket.com)

Periksa kondisi casing sebelum anda bawa pulang.Terkadang saat membeli ditoko, anda akan langsung ambilkan casing yang berada didalam kardus. Untuk menghindari perbedaan model yang diberikan dan untuk mengetahui apakah casing masih mulus atau sudah ada yang penyok ada baiknya anda meminta seorang staff untuk mengecek terlebih dahulu jika diperbolehkan.

konsultasikan dengan customer service (jacodisplays.com)
konsultasikan dengan customer service (jacodisplays.com)

Jika anda membeli secara online, pastikan anda cukup detail membaca deskripsi produk yang anda beli dan konsultasikan dengan customer service untuk urusan pengiriman.

Semoga 5 tips diatas bisa sedikit membantu dalam menentukan casing yang akan anda pilih untuk membingkai hardware andalan anda saat beraktifitas dengan komputer anda.

(inspirasi : tips-komputer.com)
(featured image : buildpcgames.blogspot.com)