Segera Lakukan Langkah Ini Jika Smartphone Anda Terkena Air

Hampir setiap hari hujan turun di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Cuaca yang kurang menentu serta tuntutan aktifitas saat berada diluar ruangan membuat anda harus ekstra waspada, terlebih jika saat membawa smartphone. Bisa dibilang alat yang satu ini cukup sensitif bila terkena air, bahkan salah satu resiko terberat yang harus diterima adalah anda harus merelakan smartphone kesayangan anda tersebut.

Mencoba menyalakan smartphone dalam kondisi pasca terkena air bisa jadi hanya akan menambah masalah. Lalu apa yang harus dlakukan jika suatu saat smartphone anda terkena air? Jangan panik, anda bisa mencoba tips berikut ini.

1. Lepaskan Semua Peralatan Tambahan

lepas semua peralatan tambahan (boeber.com)
lepas semua peralatan tambahan (boeber.com)

Pertama mulai dengan melepas semua peralatan tambahan seperti baterai, memori eksternal dan kartu SIM. Tujuannya agar air yang tersisa di dalam perangkat mendapat jalan untuk keluar.

2. Keringkan Smartphone dan Baterai

bersihkan baterai smartphone
keringkan smartphone dan baterai

Selanjutnya, upayakan untuk mengeringkan seluruh peralatan termasuk smartphone dengan kain kering, tisue atau handuk yang halus. Lakukan sebaik yang anda bisa, jangan terburu-buru atau panik karena hal itu justru akan membuat Anda menjadi tidak teliti.

3. Sedot Air yang Tersisa

sedot air yang tersisa (mcommerce2.com)
sedot air yang tersisa (mcommerce2.com)

Ada baiknya hindari penggunaan hair dryer, karena hair dryer justru akan mendorong air masuk ke dalam komponen perangkat dan berpotensi memperburuk kondisi karena hair dryer juga menghasilkan panas yang beresiko membakar komponen perangkat smartphone anda.

Gunakan vacum cleaner mini yang khusus untuk keyboard komputer, alat ini biasanya tersedia di toko komputer.

4. Gunakan Dryer Box dan Silica Gel

gunakan dryer box dan silica gel (aliimg.com)
gunakan dryer box dan silica gel (aliimg.com)

Tindakan opsional lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan cara meletakkan smartphone ke dalam dryer box ditambah dengan silica gel (bungkusan kecil yang biasa ditemukan di kemasan makanan) yang bertujuan menyerap kelembapan.

Simpan di dalam box tersebut setidaknya delapan jam sebelum kembali memasang kartu SIM, memori dan baterai.

5. Kubur dengan Beras

kubur dengan beras (blog.4xem.com)
kubur dengan beras (blog.4xem.com)

Apabila tidak mempunyai dryer box atau silica gel, Anda bisa memakai beras sebagai alternatif. Caranya ambil toples atau wadah tertutup lain dan kubur smartphone dengan beras selama beberapa hari sampai beras menyerap kandungan air yang tersisa di dalam perangkat. Cara ini memang terdengar aneh karena umumnya beras biasa untuk dikonsumsi, namun siapa sangka bahwa beras ternyata memiliki daya serap lebih cepat terhadap air.

Setelah semua langkah di atas dikerjakan, sekarang pasang kembali semua peralatan ke smartphone dan coba hidupkan. Semoga berhasil!

(inspirasi : keepo.me)